Seputar Hewan Peliharaan

Dapatkan informasi seputar tips memilih dan merawat binatang atau hewan peliharaan.

Keutamaan Berternak Kambing Etawa

Keutamaan Berternak Kambing Etawa == Ternak Kambing Etawa adalah Kambing Etawa salah satu jenis ternak yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. hal ini disebabkan karena ternak ini mempunyai beberapa keunggulan antara lain :

  1. Prodksi susu dan daging ternak Kambing Etawa ini mempunyai kualitas tinggi dibanding dengan produk susu ternak lainya.
  2. Ternak Kambing Etawa mempunyai nilai budaya dan spiritual yang penting .
  3. Ternak Kambing Etawa bisa beradaptasi pada berbagai kondisi ekologis diseluruh tanah air.
  4. Usaha ternak sapi perah perlu diusahakan oleh petani yang modalnya terbatas. 

Kambing Etawa perah menjadi suatu alternative guna memenuhi kebutuhan susubagi mereka. oleh sebab itu permintaan ternak Kambing Etawa ini cukup tinggi, namun masih sulit dipenuhi oleh populasi ternak Kambing Etawa ini cukup tinggi, namun masih sulit dipenuhi oleh populasi ternak Kambing Etawa yang ada. Oleh sebab itu usaha ternak Kambing Etawa mempunyai prospek yang luar biasa untuk di kembangkan, baik sebagai usaha pokok maupun usaha sampingan, khususnya dalam rangka menyediakan susu bagi masyarakat menengah kebawah. 
Keutamaan Berternak Kambing Etawa == Usaha ternak Kambing Etawa mempunyai beberapa keunggulan antara lain :
  1.  Usaha ternak Kambing Etawa tidak membutuhkan modal besar jika dibandingkan dengan usaha ternak ruminasia lainya.
  2. Perkembangbiakannya cepat karea bisa melahirkan lebih dari satu ekor / kelahiran dan bisa melahirkan anak 2 kali /tahun.
  3. Bisa menjadi tabungan karena sewaktu-waktu bisa dijual jika membutuhkan uang.
  4. Usaha ternak ini bisa dilakukan oleh seluruh anggota keluarga, termasuk ibu dn anak-anak.
  5. Tidak memerlukan dukungan teknologi tinggi seperti penyediaan kulkas untuk menyimpan susu, karena susu dari seekor Kambing Etawa bisa dikonsumsi oleh 1 keluarga sehingga tidak memerlukan pengawetan. 
Keutamaan Berternak Kambing Etawa == Dengan keunggulan - keunggulan inilah sehingga Kambing Etawa sering dijuluki" hewan Kambing Etawa yg mempunyai khasiat susu tinggi. Oleh sebab itu, Kambing Etawa isamping dapat meningkatkan konsumsi protein hewani masyarakat, juga dapat meningkatkan pendapatan petani melalui budidaya ternak Kambing Etawa tersebut. sebagai gambaran, seekor induk Kambing Etawa dapat menghasilkan susu sekitar 1-2 liter/ekor/hari. Susu ini bisa mensubsidi kebutuhan susu keluarga. jika harga susu Kambing Etawa Rp. 5000/liter. maka sehari bisa diperoleh sekitar Rp. 5000/hari jika susu itu dijual. jika dikonsumsi sendiri maka produksi ini menambah nilai gizi keluarga petani tersebut.