Seputar Hewan Peliharaan

Dapatkan informasi seputar tips memilih dan merawat binatang atau hewan peliharaan.

Ternak Sapi Perah

Ternak Sapi Perah == Usaha ternak sapi perah merupakan suatu bisnis besar yang cukup menguntungkan. Sekarang ini banyak pengusaha sapi biasa berpindah ke-sapi perah ? walau tak semua pengusaha sapi pindah kesapi perah tapi akhir akhir ini mulai dilirik oleh peternak peternak sapi. Yang menjadi pertanyaaan dari hal ini adalah mengapa pengusaha sapi sekarang berpindah kesapi perah ?. Ya disini saya akan mengupas keunggulan sapi perah dengan yang lain. Sapi perah mempunyai satu keunggulan dengan sapi yang lain untuk hal produksi Susu. Dalam produksi susu sapi perah dewasa mampu memproduksi satu ember kecil panjang dalam sehari, ini yang menjadi primadona sapi yng bisa memproduksi susu dalam jumlah tinggi. Produk utama dari usaha ternak ini adalah susu yang merupakan bahan makan yang paling sempurna bagi manusia. 

Ada beberapa keuntungan usaha ternak sapi perah antara lain;
  1. Dapat diusahakan pada lokasi dimana bisa memanfaatkan sumber daya lokal.
  2. Sapi perah termasuk hewan yang efisien menggunakan hijauan.
  3. Pendapatan yang diperoleh dari usaha ternak sapi perah cukup stabil (bukan musiman).
  4. Dapat meningkatkan status gizi bagi keluar keluarga dan mengurangi alokasi biaya untuk makanan.
  5.  limbahnya dapat meningkatkan kesubran tanah.

 Ternak Sapi Perah == Melihat fungsinya yang begitu besar, maka sepatutnya ternak ini mendapatkan perhatian supaya populasinya dan produksinya tetap terjaga. Dewasa ini populasi sapi perah dan produksi susu dalam negeri cenderng menurun dari tahun ke tahun sehingga terpaksa harus import dalam jumlah yang besar. Hal ini pun belum mampu meningkatkan level konsumsi kita akan produk sapi perah (susu, keju, mentega dan ice cream). konsumsi susu bangsa Indonesia baru sekitar6-7 liter/orang/tahun. Sebagai perbandingan, Malaysia 49, jepang 67 dan Amerika 261 liter/orang/tahun. Bangsa sapi perah yang banyak ditemukan di Indonesia adalah friensian Holstein (FH). Ada yang masih murni dan banyak juga sudah mengalami persilangan dengan sapi lokal. Bangsa-bangsa sapi perah yang lain adalah Guernsey, Ayrshire, Brown, Swiss, dll. Memelihara sapi perah termasuk usaha tani yang cukup menguntungkan, Sebagai ilustrasi, seekor sapi perah di Indonesiadalam keadaan laktasi rata-rata dapat menghasilkan susu sekitar 15 liter/hari. Jika harga susu sekitar Rp. 3.000/liter maka bisa memperoleh pendapatan dari susu sebesar Rp. 45.000/ekor/hari. Jika seluruh biaya sekitar Rp. 25.000/ekor/hari, maka keuntungan bersih bisa diperoleh Rp. 600.000/ekor/hari. Jika ditekuni usaha sapi seperti ini menghasilkan banyak uang, karena pasar selalu menampung produksi sapi perah jadi tidak akan kuatir jika mengalami tidak laku, susu sapi juga ditidak ada kata basi, jika basi masih bisa difermentasikan menjadi youghurt, jika youghurt kebanyakan tidak habis bisa dibekukan menjadi Keju. itu manfaat sapi Perah.. Apakah anda ingin mencoba, jika ingin. web ini menambahkan cara memilih sapi perah yang bagus.

Ternak Sapi Perah == Sapi perah yang bagus, Jika anda akan memulai Ternak sapi perah, Langkah pertama adalah menentukan jenis sapi perah yang akan dipelihara. Setelah menentukan jenis sapi akan dipelihara, maka langkah selanjuntnya adalah menentukan sapi yang termasuk bibit unggul dengan kriteria sebagai berikut :
  • Pertumbuhan sapi sesuai dengan umurnya.
  • Bentuk tubuh yang seimbang
  • Telah diketahui sifat baiknya, yakni berpotensi memproduksi susu tinggi
  • Dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
Ingin tahu  sapi perah bagus disini
Apa sapi potong
Nantikan info-info sapi -sapi yang lain.