Seputar Hewan Peliharaan

Dapatkan informasi seputar tips memilih dan merawat binatang atau hewan peliharaan.

Pengembangbiakan Sapi Potong Modern

Pengembangbiakan Sapi Potong Modern == Untuk memudahakan penanganan ternak modern maka kelahiran anak dengan umur relative bersamaan perlu diupayakan. Oleh sebab itu musim kawin perlu diatur hanya terjadi sekitar 4 bulan saja. Selama 4 bulan ini sekitar 80% ternak sudah bunting. Bila perkawinan alam, tugas untuk mencari betina yang berahi dilakukan oleh jantan sendiri. Namun jika perkawinan dengan memakai teknik inseminasi buatan (IB), maka deteksi berahi dilakukan oleh petani atau inseminasi. teknik inseminasi buatan (IB) sekarang mulai dipakai oleh perternak -peternak modern saat ini, karena dalam teknik ini kita tidak terlalu mengandalkan pejantan sebagai pemijahan, pemijahan bisa dilakukan dengan IB inseminasi buatan. Mengapa seperti itu karena peternak yang melakukan ternak perkembangbiakan, menginginkan sapi potong betina cepet segera bunting dan melahirkan anak. Itu yang menjadi penyebab mekanisme yang mudah dalam mengembangbikan sapi potong secara mudah.
Tanda-tanda berahi yang sering nampak adalah:
  1. gelisah
  2.  keluar lendir pada vagina
  3.  diam bila dinaiki
Pengembangbiakan Sapi Potong Modern ==  Berahi ini biasanya berlangsung singkat yakni sekitar 24 jam. Bila tidak dikawinkan, maka berahi ini akan terulang lagi sekitar 3 minggu kemudian. untuk itu dengan kondisi seperti ini petani harus wajib tahu tentang hal ini. Dan jika sapi suah mulai bunting, Lama kebuntingan sapi sekitar 285 hari. Munculnya berahi pertama setelah kelahiran 2-3 bulan, dalam jangka waktu itu akan muncul lagi. Munculnya Pubertas sapi muda yang baru berahi sekitar umur 8-12 bulan. dan perlu tahu sebaiknya ternak betina dikawinkan jika telah mencapai dewasa tubuh. itu yang cocok untuk sapi karena dengan buru-buru dikawinkan hasilnya juga tidak baik, yang baik adalah jika lebih dari 1 tahun (dalam bahasa jawa sapi sudah dikatakan "Powel").
 Pengembangbiakan Sapi Potong Modern == Perkawinan mengunakan teknik IB mempunyai beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan kawin alam antara lain:
  • Mengurangi biaya pemeliharaan pejantan.
  • Memperoleh keturunan ternak yang kualitas genetisnya tinggi.
  • Memungkinkan terjadinya perkawinan yang berbeda ukuran tubuhnya.
  • Memungkinkan perkawinan antara ternak lokal dan pejantan impor melalui impor semen beku.
  • Menghindari inbreeding.
 Demikianlah info tentang Pengembangbiakan Sapi Potong Modern jika anda suka dengan dunia hewan macam macam sapi yang bagus anda pelihara klik SAPI-SAPI modern