Seputar Hewan Peliharaan

Dapatkan informasi seputar tips memilih dan merawat binatang atau hewan peliharaan.

Pakan Yang Bagus Untuk Sapi Potong

Pakan Yang Bagus Untuk Sapi Potong == Pemberian pakan pada sapi disesuaikan dengan umur, pada umur yang kecil (pedet) atau yang besar (yang dewasa). Dan tujuan pemeliharaannya harus dibedakan antara pejantan, induk atau penggemukan. Jika memilih untuk penjantan pemberian pakan yang membuat gemuk seperti ampas tahu, campuran sentrat, obat vitamin konsentrat pengemuk agak dihindari. Jika di kasih sedikit saja, karena jika kebanyakan sapi akan muda gemuk. Dengan gemuknya sapi jantan, sapi jantan tersebut akan kesulitan untuk memijah (mengawini) itu menjadi problem jika sapi jantan sangat gemuk. Induk atau penggemukan sebaiknya pilih makanan sapi yang agak gizi seperti ampas tahu, campuran sentrat, obat vitamin konsentrat, dengan menu konsumsi pakan yang murah sesuai gizi dapat memudahkan sapi cepat gemuk dari pada memberi pakan kurang campuran gizinya seperti hanya jerami kering tanpa campuran dedak, ampas tahu atau dll. Kebutuhan pakan sapi sekitar 3% dari berat hidupnya. Makanan utama sapi adalah rumput hijau/segar dan rumput kering atau jerami. Selain hijauan ini sapi juga membutuhkan pakan tambahan atau konsentrat, terutama jika sapi tersebut dalam pertumbuhan dan menyusui.

Pakan Yang Bagus Untuk Sapi Potong == Pemberian pakan yang benar
  1. Pemeliharaan pedet: Pemberian makanan pedet secara berangsur-angsur harus ditambah jumlahnya. Sampai umur 1 bulan sebaiknya induknya masih diberi konsentrat 3 kg/hr. Setelah pedet umur 1 bulan mulai diberi konsentrat 0,25 kg/hr sehingga menjelang disapih umur 6 bulan mencapai 1 kg/hari.
  2. Pemeliharaan Pejantan: Pejantan sebaiknya diberi tempat olah raga atau latihan sehingga kondisi kesehatanya tetap terjaga. Diberi konsentrat 3 kg/hari dan rumput sekitar30-40 kg/hari.
  3. Penggemukan sapi: Pemeliharaan ternak sapi yang ditujukan untuk mempercepat kenaikan berat badan.

Ada beberapa metode yang lain biasanya digunakan untuk pengemukan yakni:
  • Pasture Fattening: Sapi-sapi dibiarkan merumput pada padang rumput yang kualitasnya tinggi sehingga tidak perlu ada konsentrat.
  • Dry lot fattening: Pemberian makanan dalam kandang yang mengutamakan pemberian biji-bijian (Jagung dan kacang-kacangan).
  •  Kombinasi dry lot dan pasture fattening.

Pakan Yang Bagus Untuk Sapi Potong == Demikian info-info Pakan Yang Bagus Untuk Sapi Potong kali ini disetiap sesi web ini menyajikan artikel artikel yang penting buat kita yang sedang memulai usaha ternak hewan peliharaan. kunjung info-info yang lain semoga bermanfaat. Klik disini untuk mengenal sapi potong