Seputar Hewan Peliharaan

Dapatkan informasi seputar tips memilih dan merawat binatang atau hewan peliharaan.

Kandang Sapi Potong Yang Ideal

Kandang Sapi Potong Yang Ideal == Daerah yang padang rumputnya masih cukup luas,dengan luas lahan yang digunakan membuat Sapi Potong dapat berkembang biak dengan baik, lebih cepat beproduksi lebih banyak.Dengan metode Sapi Potong ditempatkan ditempat yang luas karena dapat meminimkan jumlah pakan yang banyak hampir setengah dari Sapi Potong yang ditempatkan dirumahan.

Kandang Sapi Potong Yang Ideal ==  Di Padang rumput Sapi-Sapi Potong masih bisa dipelihara secara ekstensif (dibiarkan berkeliaran di padang rumput mencari pakan sendiri tanpa diberi fasilitas kandang). Namun bagi daerah yang lahan untuk ternak sudah sangat terbatas jangan kuwatir sebab dengan tempat yang terbatas juga bisa untuk memelihara sapi, dengan syarat fungsi kandang untuk kenyamanan Sapi Potong dapat terpenuhi dengan baik. Baik dan tidaknya Sapi Potong juga bisa dilihat dari perawatan kandang, jika perawatan kandang baik maka baiklah Sapi Potong yang dipelihara tersebut, jika perawatan kandang buruk-buruklah tingkat kesehatan Sapi Potong tersebut, terus apa yang kita benahi dari kesehatan Sapi Potong yang kita pelihara.
Kandang Sapi Potong Yang Ideal ==  Fungsi kandang sangat penting untuk memudahkan pemeliharaan, kesehatan Sapi Potong tanpa menggangu kepentingan manusia. persyaratan kandang sebagai berikut :

  1.  Terbuat dari bahan-bahan yang murah tetapi kuat(seperti bambu), mengapa harus kuat karena jika sewaktu saat mengamuk kekuatan Sapi Potong melebihi kekuatan 2 orang dewasa bisa kita bayangkan seberapa kuat kekuatan sapi.
  2. Terang (terkena sedikit sinar matahari), tidak hanya terang kadang Sapi Potong butuh sinar matahari karena tempat Sapi Potong yang becek dan lembab dan ventilasi bagus(supaya angin dapat mudah masuk didalam kandang, bisa membantu pengeringan kandang).
  3.  Atap genting/rumbia/lalang sebaiknya tidak pakai seng dari pada seng lebik baik esbes, karena seng menyerap panas yang menyengat membuat cairan dalam tubuh Sapi Potong terserap oleh hawa panas padahal cairan dibutuhkan Sapi Potong pada saat posisi gayemi(makan makanan dalam perut posisi tidur"jika sudah pernah pelihara Sapi Potong akan tahu posisi saat gayemi").
  4. Lantai sebaiknya disemen atau didapatkan (dengan disemen lebih mudah membersihkanya).
  5. Ukuran kandang disesuaikan dengan jenis dan jumlah Sapi Potong yang dipelihara (dikira-kira Sapi Potong tersebut pada waktu besar apa). Jika belum bisa ada ukuran yang ideal untuk kandang sapi. Seekor betina membutuhkan kandag seluas 3,5 meter persegi (1,4-1,6 m x 1,8-2 m). Sedangkan untuk Sapi Potong jantan seluas 12 meter persegi dan untuk pedet 1,2 meter persegi. Luasan ini masing-masing sudah termasuk tempat makan dan minum.